Sunday, 20 August 2017

Inilah Sosok Pengidap Kanker Yang Fotonya Dipajang Di Bungkus Rokok



Kamu pasti sangat familiar dengan gambar kanker tenggorokan yang terpampang dalam bungkus rokok. Gambar tersebut akan kamu temukan dalam setiap rokok yang di jual bebas di Indonesia. Namun, tak banyak yang tahu siapa sebenarnya sang pengidap kanker tersebut.

Dilansir laman IDNTimes, sosok tersebut adalah pengidap kanker laring bernama Edison Siahaan. Al Jazeera merekam melalui video bagaimana kesaksian Edison hingga akhirnya kanker menggrogoti lehernya. Edison Siahaan mengaku mulai menjadi perokok mulai umur 15 tahun. Kebiasaan ini pun membuatnya kecanduan dan dia merasa tidak enak setiap harinya kalau tidak merokok.

Ternyata, kecanduan rokok yang memberikan dampak yang buruk bagi Edison. Pasalnya, pria ini divonis dokter mengidap kanker tenggorokan. Yang mengejutkannya, kanker yang diidap pria 78 tahun ini ternyata sudah sangat parah.



Dokter pun terpaksa melakukan operasi dengan cara membuat lubang pada tenggorokan Edison. Dia kini hanya bisa meratapi nasibnya dan sangat sedih saat mengingat ketika dia mengidap kanker tersebut. Ayah dari 5 orang anak, sekaligus kakek dari 4 orang cucu ini mengaku selalu merokok 3 bungkus perhari selama 50 tahun lamanya.

Bahkan istrinya pun juga harus mengidap penyakit stroke karena masalah yang sama. Pria ini juga mengingatkan kerugian yang akan ditimbulkan dari rokok kepada para perokok yang juga kecanduan seperti dirinya.

Dia bahkan kehilangan pekerjaannya karena tenggorokan lainnya untuk bisa berbicara normal lagi. Merokok juga akan menyebabkan kerugian  finansial karena perokok lebih suka menghamburkan uangnya untuk membeli rokok.

Kemudian, saat perokok tersebut mengidap kanker, mereka juga harus mengeluarkan uang yang sangat besar untuk biaya operasi. Meski 400.000 orang di Indonesia meninggal tiap tahunnya akibat merokok, pemerintah tetap saja mengembangkan bisnis ini karena memberikan omzet yang sangat besar.

Dan terdapat banyak dalil dari Al-Quran pun menyebutkan untuk jangan menzalimi diri sendiri salah satunya adalah :"Dan (juga) orang-orang yang apabila mengerjakan perbuatan keji atau menganiaya diri sendiri, mereka ingat akan Allah, lalu memohon ampun terhadap dosa-dosa mereka dan siapa lagi yang dapat mengampuni dosa selain dari pada Allah? Dan mereka tidak meneruskan perbuatan kejinya itu, sedang mereka mengetahui."

Sudah merugikan diri sendiri terus menghambur-hamburkan duit lagi. Sayang kan? Sudah dibeli habis itu di bakar, ya cuma rokok.. Yuk, kita fikirkan lagi dampak yang terjadi jika merokok!

Semoga bermanfaat!


5 comments:

  1. Oh ternyata dia orangnya toh. Ada video kesaksiannya? Wahh jadi penasaran, link videonya apa ya kak?

    Willynana.blogspot.com

    ReplyDelete
  2. Bicara tentang bahaya rokok tak pernah ada habisnya tetapi kenapa sudah tahu banyak efek negatifnya tetap saja ga mau berhenti merokok juga? Hikshiks

    ReplyDelete
  3. Dilema di indonesia, antara penyakit, tenaga kerja, pajak, phk 😁

    ReplyDelete

Populer

Diam 1000 kata #season 1

Prolog Sejak lahir aku terlahir bisu dan aku sudah terlahir gendut,karena aku memang dari Ayahku keturunan gendut. Aku sejak kecil selalu ba...